Tuesday, June 19, 2012

Hubungan Manusia dengan Kebudayaan (Tulisan 1)

Halo semua..

ini adalah tulisan karya saya sendiri, yang akan menceritakan pengalaman saya tentang hubungan manusia dengan kebudayaan.

Seperti pada tugas saya, saya telah menjelaskan apa itu kebudayaan serta hubungan-hubungannya.
Pengalaman saya tentang kebudayaan ini adalah lebih menghargai tentang budaya satu sama lain. Kita tau bahwa kebudayaan di Indonesia sangat beragam, oleh karena itu Indonesisa termasuk salah satu negara yang kedekatan dengan adat istiadatnya masih sangat kental.

Saya terlahir dengan keluarga Jawa, diantaranya ayah saya dari Solo dan ibu saya dari Jogjakarta. begitu kental ajaran budaya kami untuk lebih sopan kepada orang yang berumur lebih tua dari kita (walaupun ini adalah tata krama umum di Indonesia). Jawa adalah sebuah pulau yang paling banyak penduduknya. Dan dengan budayanya yang begitu khas, membuat Jawa menjadi salah satu pulau dengan adat yang paling banyak dipeljari oleh orang asing. Ayah saya adalah salah satu keturunan dari Raja (maaf saya lupa namanya. Antara Pakubuwono atau Hamengkubuwono *maaf kesalahan nama*). Hingga jika saya nikah nanti, nama saya dapat ditambahkan gelar R.A. di depan nama asli saya. Kakek (dari ayah) saya pun adalah seniman wayang, membuat wayang kulit sendiri. Karya-karyanya masih tersimpan apik di keluarga 'budhe' saya (budhe panggilan bahasa Jawa untung bibi yang lebih tua dari orang tua kita). Cukup kental bukan keterikatan keluarga kami dengan Jawa? :)

Lalu sampai pada akhirnya kakak saya menikah dengan pria Batak Karo yang memiliki marga Purba. tentu kami memliki latar belakang budaya yang berbeda. Tetapi kami memiliki rasa ingin tau satu sama lain, bagaimana adat istiadat Karo tersebut, dll.Lalu kami mengetahui adanya beberapa sebutan yang dipakai dalam memanggil kerabat keluarga seperti, Bulang, Pak Tengah, Mak Tua, dll. Begitu unik sebutan yang dipakai dalam budaya mereka dibanding budaya Jawa yang sering kita dengar seperti Mbak, Mas, Budhe, Bule, Pakdhe, Pakle, dll. Dan untuk menghargai mereka pun kami memakai sebutan tersebut.

Sungguh unik Indonesia. Itu hanya 2 dari sekian macam budaya di Indonesia yang tidak semuanya saya tau. Yang jelas, kita harus tetap menjaga dan melestarikan budata adat istiadat nenek moyang leluhur kita, entah kita berpandang secara modern atau tradisional. Dengan tetap berpegang pada adat istiadat kita yang selayaknya, kita akan menjadi manusia utuh dengan segala kesempurnaan-Nya.

No comments:

Post a Comment